Tuesday, August 22, 2017

Pola Asuh Anak Dengan Metode Permisif

Pola Asuh Anak Dengan Metode Permisif
Ada banyak metode Pola Asuh Anak yang perlu kita ketahui, seperti pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, pola asuh temporizer, pola asuh appeasers dan pola asuh permisif. Setiap metode pola asuh tersebut memiliki plus dan minusnya, sebagai orang tua harus bisa memberikan pola asuh yang baik, tidak mengekang dan tidak pula memberikan perhatian yang berlebihan agar anak tidak manja dan tidak juga bebas. 

Kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pola asuh permisif kepada anak, tahukah Anda tipe pola asuh permisif ini? Yaitu orang tua yang memiliki pola asuh permisif ini cenderung memberikan kebebasan kepada anaknya tanpa adanya kontrol sama sekali dari orang tua. Tentunya sebagai orang tua menginginkan anaknya tumbuh dengan kepribadian yang baik, tidak salah pergaulan serta patuh terhadap orang tuanya.

Namun, Pola Asuh Anak dengan metode permisif sangatlah tidak baik sebab orang tua terlalu memberikan kebebasan kepada anaknya dan tidak ada kontrol sama sekali dari orang tua. Biasanya masyarakat perkotaan dengan orang tuanya yang super sibuk tidak sama sekali memperhatikan kebutuhan psikologis anak, kebutuan psikologis ini adalah kasih sayang, perhatian, komunikasi, interaksi agar anak dekat dengan orang tua. Tidak cukup dengan memberikan materi kepada anak, kasih sayang secara psikologis pun sangat dibutuhkan oleh anak. 

Dalam metode pola asuh permisif ini, anak sedikit diberikan tuntutan dan tanggungjawab, ia diberikan kebebasan untuk mengatur dirinya sendiri, kurangnya kedisiplinan, dan semua keputusan dibuat oleh anak sendiri tanpa adanya kontrol dari orang tuanya. Anak tidak diberikan batasan dalam bermain, diberi waktu dalam belajar, diberikan waktu untuk berada di rumah, batasan-batasan pergaulan dengan orang-orang diluar, semuanya seolah tidak ada kontrol sama sekali dari orang tua, kebebasanla yang ia dapatkan.

Sebainya sebagai orang tua harus memberikan kontrol lebih kepada anaknya, agar Pola Asuh Anak oleh orang tua dapat menjadi pendidikan dan pembelajaran bagi si anak kelaj dewasa. Dan untuk mendukung pertumbuhan si anak agar otaknya cerdas, pertumbuhan fisiknya terjaga serta nutrisinya terlengkapi, berikan ia susu Dancow sesuai tahapan usianya dan dengan pilihan rasa yang beragam.

No comments:

Post a Comment