Monday, November 7, 2016

Aspek-Aspek Tumbuh Kembang Anak


Memiliki anak yang tumbuh dan berkembang dengan baik adalah harapan setiap orang tua.
Pertunbuhan dan perkembangan anak akan sangat ditentukan oleh banyak faktor, baik dari faktor lingkungan, pola asuh anak hingga nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak.
Jika semua hal tersebut terpenuhi maka tumbuh kembang buah hati kita akan optimal dan sesuai dengan perkembangan usianya.
Pertumbuhan dan perkembangan anak meliputi beberapa aspek. Dan setiap aspek ini memiliki pemenuhan yang berbeda.
 Berikut adalah beberapa aspek tumbuh kembang seorang anak :

    Aspek fisik, tumbuh kembang dari aspek fisik meliputi seluruh perkembangan seleuruh organ tubuh serta seluruh fungsi indera. Untuk tumbuh kembang fisik ini harus didukung olrh suplai nutrisi yang baik. Seluruh komponen tubuh harus menerima nutrisi yang dibutuhkan, mulai dari karbohdrat, protein, lemak, vitamindan mineral. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan utama dan makanan tambahan seperti susu. Pilihlah susu yang berkualits baik dengan nutrisi seimbang yang di produksi oleh Nestle.

    Aspek psikis atau mental, anak yang bermental baik pastilah hadir dari hasil pola asuh anak yang baik pula. Maka jika anda ingin memiliki anak yang bermental baik maka terapkanlah pola asuh yang tepat. anak merupakan makhluk peniru yang paling cepat sehingga apa yang kita contohkan baik sengaja ataupun tidakakan ditiru oleh buah hati kita. 

 Pola asuh yang paling baik adalah pola asuh suri tauladan yang harus dicontohkan orang tua.misalkan jika inhinanak anda menjafi anak yang berani jangan takut – takuti buah hati anda, jika anda ingin anak anda menjafi oeng yang penyeyang besarkan dia dengankasih sayang tanpa kekerasan dan jika anak anda ingin menjadi orang yang percaya diri jangan rendahkan ia danberi motovasi pada setiap karya yang dibuatnya walau sekecil apapun.

Terkadang kita tidak sadar dan kurang mengetahui pola asuh anak yang kita terapakan akan berdampak buruk di kemudian hari, maka seringlah mengingatkan diri dengan membaca dan sharing informsi dengan orang lain sebelum terlambat karena masa kanak – kanak anak kita tidak akan terluang.

No comments:

Post a Comment