Wednesday, October 18, 2017

Masuk International University UI Melalui Jalur Undangan

International University
Setelah kita menjalani berbagai hal selama mengikuti pembelajaran di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) selama kurang lebih tiga tahun lamanya, maka sampailah kita akhirnya harus meninggalkan sekolah tercinta kita untuk segera menghadapi tantangan baru di tempat yang baru pula. Tempat belajar selanjutnya tersebut bernama perkuliahan atau kampus. 

Ya, setelah menyelesaikan pendidikan kita di SLTA, maka sebaiknya kita harus meneruskan jenjang pendidikan kita di tingkat yang lebih tinggi yaitu tingkat perkuliahan. Pilihlah perguruan tinggi negeri yang memiliki kualitas dan reputasi yang sangat baik dimata siapa pun. Hal ini dilakukan, agar nantinya anda akan bisa dengan mudah bersaing dengan lulusan lainnya dari perguruan tinggi yang lain ketika akan memperoleh pekerjaan, baik pekerjaan di pemerintahan maupun swasta. 

Salah satu Universitas Negeri terkemuka di Indonesia yang kualitas lulusannya tidak perlu diragukan lagi adalah Universitas Indonesia atau UI. Ya, UI yang saat ini memiliki predikat sebagai International University yang dimiliki oleh Indonesia merupakan kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Selain itu, UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia.

Bagi anda yang saat ini ingin melanjutkan pendidikan di UI sebagai salah satu International University di Indonesia, ada beberapa jalur yang bisa anda tempuh untuk memperoleh kesempatan mengikuti pembelajaran di kampus UI tersebut, salah satunya dengan jalur undangan. Adapun jalur masuk UI dengan jalur undangan terdiri dari :
  • Jalur Undangan. Seleksi masuk berdasar nilai raport dengan memperhitungkan indeks prestasi sekolah serta menyesuaikan dengan daya tampung yang ada dan hanya berlaku bagi siswa yang akan lulus pada tahun yang sama saat mendaftar.
  • SNMPTN. Jalur undangan untuk program pendidikan S1 Reguler. Pendaftar dapat memilih beberapa program pendidikan yang ada di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Siswa yang tidak dapat mengikuti SNMPTN, masih berkesempatan mendaftar S1 Reguler melalui SBMPTN dan SIMAK UI.
  • PPKB. Jalur undangan untuk program pendidikan Vokasi dan S1 Paralel. Hanya sekolah yang mendapat undangan dari UI, yang dapat mendaftarkan siswanya di program ini.
  • Talentscouting. Sebagai International University, UI menyediakan jalur undangan untuk program pendidikan S1 Kelas Internasional yang bernama Talentscouting. Siswa yang tidak dapat mengikuti Talentscouting, masih berkesempatan mendaftar S1 Kelas Internasional melalui ujian tulis SIMAK UI – Kelas Internasional.

No comments:

Post a Comment