Monday, December 4, 2017

Cara Memilih Jurusan Saat Masuk Universitas Di Indonesia

Cara Memilih Jurusan Saat Masuk Universitas Di Indonesia
Ada beberapa bentuk perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang saat ini berada di Indonesia. Adapun bentuknya adalah universitas, institute, akademi, sekolah tinggi dan lembaga pendidikan. Kelima bentuk perguruan tinggi tersebut sangat banyak dan mudah kita temui saat ini. Salah satunya adalah Universitas Indonesia atau UI merupakan Universitas Di Indonesia yang memiliki kampus modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. 

Secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Universitas memiliki beberapa jenis program studi atau jurusan yang disediakan bagi pada calon mahasiswanya agar mereka bisa leluasa dalam memilih jenis program studi yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan serta kemampuan dari calon mahasiswa tersebut. Pemilihan jurusan tersebut sangat penting dan harus benar – benar anda pertimbangkan, karena pemilihan jurusan ini akan mempengaruhi kehidupan anda di masa yang akan datang.

Untuk itu, agar anda tidak keliru dalam memilih jurusan ketika anda kuliah pada Universitas Di Indonesia, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yang mana hal – hal tersebut sangat berkaitan dengan cocok tidaknya jurusan yang anda ambil dengan kemampuan serta prospeknya di masa depan. Adapun hal – hal tersebut adalah sebagai berikut :
  • Pastikanlah anda memilih jurusan studi kuliah nanti di bidang yang anda kuasai. Janganlah anda mengambil resiko besar dalam jurusan hanya karena masalah gengsi dan hal - hal konyol lainnya
  • Perhtikan sejauh mana anda tertarik dan berminat terhadap sebuah program studi. Pilihlah jurusan perkuliahan yang sesuai dengan ketertarikan dan minat anda.
  • Sebaiknya anda harus perhitungkan masalah uang dalam memilih jurusan studi kuliah anda. Anda harus menghitung kira - kira apakah anda sanggup dengan biaya kuliah di universitas tersebut
  • Pastikanlah anda akan selalu berkomitmen sebelum menentukkan jurusan.
  • Perhatikan faktor waktu dan aspek – aspek parktikal lainnya. Faktor waktu ini dipertimbangkan juga dengan faktor usia kalia dan tentu saja dengan target - target anda di masa depan nanti.
  • Pertimbangan berikutnya saat anda masuk Universitas di Indonesia adalah anda bisa meminta pendapat dan masukkan dari orang lain mengenai jurusan studi kuliah yang nantinya akan anda ambil. Mereka akan memberikan masukkan mengenai baik dan buruknya bidang studi kuliah tersebut


No comments:

Post a Comment